Tentang Kami

TENTANG KAMI

LATAR BELAKANG

Anak adalah suatu karunia terbesar yang diberikan Tuhan kepada manusia dan dalam menciptakan anak manusia Tuhan mempunyai rahasia tersendiri. Ada anak yang dilahirkan normal dan ada pula anak yang dilahirkan “istimewa”. Salah satunya adalah anak dengan Down Syndrome.

Mendapatkan anak dengan Down Syndrome merupakan sesuatu yang amat sangat tidak diharapkan. Pada umumnya orang tua, akan mengalami sedih, stres, perasaan bersalah, sakit hati tidak dapat menerima kenyataan, dan lain sebagainya, sehingga terasa masa depan yang akan dihadapi bersama si anak akan kelabu.

Tetapi, apakah kita sebagai orang tua akan terus menyesali diri dan terpuruk dalam perasaan yang resah dan bingung? Sementara waktu berjalan dengan cepat dan anak kita amat sangat membutuhkan penanganan sedini mungkin.

Berangkat dari hal diatas POTADS menyadari; Anak adalah titipan Tuhan dimana Dialah yang berhak menentukan apa yang pantas dan siapa yang diyakiniNya sanggup untuk dititipi.

POTADS selalu ingin berbagi rasa bahwa kita di dunia tidak sendirian dititipi anak dengan Down Syndrome. Kita dapat saling bertukar pikiran dan saling mendukung para orang tua dalam membesarkan anak kita .

POTADS tidak ingin orang tua menyia-nyiakan anak dengan Down Syndrome.  Kami berusaha untuk membantu mengembalikan kepercayaan diri para orang tua anak dengan Down Syndrome agar mereka dapat mendidik si anak menjadi mandiri sesuai dengan kekurangan dan kelebihannya.

Selain itu POTADS juga menginformasikan kepada masyarakat luas bahwa Down Syndrome bukanlah penyakit turunan atau pun kutukan yang ditakuti. Dengan kasih sayang dan bimbingan orang tua para penyandang Down Syndrome tersebut mampu latih dan didik. Tidak sedikit dari mereka yang meraih prestasi.

APA ITU POTADS ?

Berawal dari orang tua anak dengan Down Syndrome yang berdiskusi sambil menunggu anak yang mengikuti terapi di Klinik Khusus Tumbuh Kembang Anak (KKTK) Rumah Sakit Harapan Kita. Kemudian pada 1997 berlanjut sering mengadakan pertemuan-pertemuan dengan mendatangkan pembicara yaitu dokter dari lingkup RS Harapan Kita, 3 wanita yang memiliki anak dengan Down Syndrome sepakat membuat suatu perkumpulan dengan nama Persatuan Orang Tua Anak Dengan Down Syndrome, POTADS, yaitu sebagai Ketua  Aryati Supriono, Sekretaris Noni Fadhilah dan Bendahara Ellya Goestiani.

Kemudian perkumpulan ini di sahkan menjadi Yayasan  POTADS oleh Notaris pada tanggal 28 Juli 2003.

Kini POTADS sudah berganti kepengurusan dengan domisili di Tangerang. Atas kesadaran, kesediaan, ketebukaan dan merasakan harus membantu dan mensosialisaskan tentang Down Syndrome, para sahabat POTADS di daerah bersedia menjadi pengurus dan membuka cabang di daerah dengan nama Pusat Informasi dan Kegiatan POTADS (PIK POTADS).

TUJUAN

 

Tujuan utama POTADS adalah memberdayakan orang tua anak dengan Down Syndrome agar selalu bersemangat untuk membantu tumbuh kembang anak spesialnya secara maksimal, sehingga mereka mampu menjadi pribadi yang mandiri, bahkan bisa berprestasi sehingga dapat diterima masyarakat luas ; karena anak dengan Down Syndrome memiliki hak yang sama dengan anak-anak lainnya.

 

VISI

Visi Yayasan POTADS adalah menjadi pusat informasi dan konsultasi terlengkap tentang Down Syndrome di Indonesia.

 

MISI

  • Memiliki pusat informasi yang bisa diakses 24 jam baik melalui surat,  telepon, internet atau media komunikasi lainnya.
  • Menyediakan informasi terkini tentang perkembangan Down Syndrome baik secara ilmiah maupun dari pengalaman orang lain.
  • Menyebarluaskan informasi mengenai Down Syndrome kepada anggota yang membutuhkan dan tempat-tempat yang akan diakses oleh para orangtua yang memiliki anak dengan  Down Syndrome, seperti Rumah Sakit, Klinik, Puskesmas sampai ke Posyandu.
  • Memberikan konsultasi secara kelompok maupun individu sesuai dengan kebutuhan.
  • Menyelenggarakan kegiatan-kegiatan yang mendukung penyebarluasan informasi tentang Down Syndrome kepada masyarakat luas.
  • Menyelenggarakan kegiatan-kegiatan yang akan mendorong masyarakat untuk lebih peduli dan menghargai; sehingga mereka dapat memberi kesempatan yang sama untuk berkembang dalam berbagai bidang (pendidikan, seni & budaya, dan lain-lain).

MOTTO

Motto Yayasan POTADS adalah AKU ADA AKU BISA, yang merupakan kalimat pembangkit semangat orang tua dan anak sehingga akan selalu berusaha mencapai yang terbaik; yang berarti bahwa manusia dengan Down Syndrome itu merupakan ciptaan Tuhan Yang Maha Esa dengan segala kelebihan dan kekurangannya tetapi tetap BISA dan MAMPU berbuat seperti manusia lainnya.

PROGRAM  POTADS

  • Mendirikan Pusat Informasi dan Kegiatan (PIK) POTADS di seluruh Indonesia.  Saat ini PIK POTADS sudah ada di Medan, Bandung, Jogjakarta, Surabaya dan Bali.
  • Menyelenggarakan pertemuan dengan para  orang tua anak Down Syndrome bekerjasama dengan para ahli yang terkait dengan tumbuh kembang anak dengan Down Syndrome (dokter, psikolog, terapis, dan lain-lain).
  • Memberdayakan  para  orang  tua anak dengan Down Syndrome agar mereka selalu bersemangat dalam mengawal tumbuh kembang anaknya dengan sebutan MLM Hati; selain itu dengan melalui berbagai macam media, yaitu  telephone, e-mail, mailing list, website, jaringan sosial media seperti FB, Twitter. Semua jaringan media tersebut dapat diakses 24 jam, yaitu :

 

Hotline : 0812-9623-7423

Email : yayasanpotads[at]gmail.com

Website :www.potads.or.id

FB : POTADS Yayasan

 

  • Membuat buku panduan tumbuh kembang anak dengan Down Syndrome yang diambil dari pengalaman para orang tua dengan Down Syndrome dan menerjemahkan  buku bahasa asing tentang Down Syndrome ke dalam bahasa Indonesia
  • Membangun dan mengembangkan Website POTADS sebagai wadah informasi dan komunikasi tentang Down Syndrome untuk seluruh masyarakat Indonesia. (www.potads.or.id)
  • Membuat wadah kegiatan / sanggar untuk mengembangakan ketrampilan anak dengan Down Syndrome.
  • Membuat video tutorial terapi anak dengan Down Syndrome. Menjangkau dan memberikan informasi pada Rumah Sakit, Rumah Bersalin , Klinik dan tempat terapi tentang Down Syndrome dan keberadaan POTADS.
  • Mendata anak dengan Down Syndrome di seluruh Indonesia dengan menggunakan jaringan para orang tua, guru/terapis, SLB, Klinik Tumbuh Kembang, Mahasiswa dan pemerhati Sindroma Down.

 

POTADS mempunyai logo berupa 3 buah kromosom nomor 21 yang seperti orang menari; yang berarti :

  1. 3 (tiga) buah kromosom nomor 21 yang mencerminkan yang tipe kelainan yang dimiliki anak dengan Down Syndrome;
  2. Seperti ’menari’; karena umumnya anak dengan Down Syndrome bersifat ceria dan ramah kepada siapapun;
  3. Warna BIRU dan MERAH yang berarti orang tua anak dengan Down Syndrome akan selalu penuh semangat mengawal tumbuh kembang anak spesialnya sehingga anak akan tetap merasa aman dan nyaman dalam lingkungannya.

 

ANGGOTA

 

Keanggotaan di POTADS bersifat terbuka bagi siapa saja yang ingin bergabung tanpa dipungut biaya apapun.

Keanggotaan POTADS tidak mengikat.

DUKUNG POTADS DENGAN DONASI ANDA.

BANK MANDIRI CAB. PUNCAK EMAS A/C. 102 0005344202 A/N. YAYASAN POTADS

Sapa Kami