ShoutBox

NEWS

    Tidak Menyerah Dengan Down Syndrome

    March 13, 2012 at 3:40 PM

    Down syndrome adalah kondisi keterbelakangan perkembangan fisik dan mental karena kelebihan kromosom dalam tubuh seorang anak. Bagi orang tua yang memiliki anak dengan kondisi seperti ini tentunya tidak mudah menghadapinya. Begitu pula dengan Aryati Supriono yang akhirnya mendirikan Yayasan Persatuan Orang Tua Anak dengan Down Syndrome (POTADS).

    Semenjak Agung Wicaksono, anak keduanya lahir dalam keadaan down syndrome pada 1997, Aryati galau. Dirinya ragu dapat merawat dan membesarkan Agung dengan baik. Namun seiring berputarnya waktu, Aryati menyadari bahwa Tuhan menitipkan Agung kepadanya karena dianggap mampu merawat dan membesarkan dengan baik. Hanya saja, tidak semua orang tua yang memiliki anak down syndrome berpikiran sama seperti Aryati. Berdasarkan alasan inilah Aryati mendirikan POTADS.

    Puluhan atau ratusan anggota POTADS berkumpul setidaknya sekali dalam tiga bulan. Mereka bertemu untuk berbagi pengalaman karena memiliki anak yang mengidap down syndrome. Pertemuan ini sangat berarti bagi mereka karena dapat mengatasi masalah itu secara bersama.

    Aryati senantiasa memantau perkembangan Agung setiap saat. Dia pun terus mendampingi kegiatan buah hatinya. Di usia yang kesembilan, Agung sudah duduk di bangku kelas dua sekolah luar biasa di bilangan Pejaten, Jakarta Selatan. Selain mengantar ke sekolah, Aryati memang kerap membawa Agung mengunjungi psikiater untuk melatih merangsang otaknya. Tujuannya, untuk menambah kemampuan Agung dalam membaca ataupun olah vokal. "Satu minggu satu jam, senam otak," kata Aryati. Aryati mengakui, terapi tambahan ini cukup mahal, tapi demi perkembangan Agung apa pun dilakukannya.

    Ibu dari Mita dan Agung ini pun menunjukkan bahwa anak yang menderita down syndrome tidak berarti harus dikucilkan dan tak dapat bersosialisasi. Buktinya, Agung bisa langsung dekat dengan tim Liputan 6 SCTV yang belum lama ini mengunjungi rumahnya. Pertumbuhan Agung yang kian membaik itu tak lepas dari peranan Aryati sebagai ibu dan lingkungan terdekatnya.

    Print Friendly and PDF

Our Sponsors

Downsyndome di seluruh dunia

Hari Down Syndrome di seluruh dunia diperingati setiap tanggal 21 Maret. Tanggal 21 untuk menunjukkan kelainan pada kromosom ke-21 dan bulan Maret menunjukkan abnormalitas 3 (tiga) kromosom. Untuk pertama kalinya, PBB melakukan observasi ke seluruh dunia sebagai bahan pertimbangan menetapkan World Down Syndrome Day setiap tanggal 21 Maret.

Get Social

Contact Us

Yayasan POTADS

 

RCDS (Rumah Ceria Down Syndrome)

by POTADS

Griya Patria Jl. Pejaten Barat No. 16E Pejaten

Pasar Minggu - Jakarta Selatan

 

Telp : 

Potads - 081296237423

Dini - 081287822270

Oom - 081953701734

Olivia Maya - 08119621075

Pramuri - 08161370922

Pusat Informasi Downsyndrome

Belum ada Pusat Informasi Downsyndrome di kota Anda? Segera hubungi kami untuk mendirikan pusat informasi downsyndrome di kota Anda, termasuk didalamnya parent support group, acara kopi darat yang teratur serta seminar/pendidikan yang kami bisa bantu dari Jakarta. Berapapun jumlah orang tua yang berkumpul, sudah cukup bagi kita saling berbagi informasi dan saling membantu perkembangan buah hati kita.