ShoutBox

NEWS

    Terapi Penyandang Down Syndrome

    March 23, 2012 at 4:31 PM

    Jenis-jenis Terapy yang dibutuhkan penyandang down syndrome
    Fisioterapi : Suatu terapi awal yang diperlukan oleh anak DS dikarenakan DS terlahir dengan tonus yang lemah, dengan terapi awal ini berguna untuk menguatkan otot-otot mereka sehingga kelemahannya dapat di atasi dengan latihan-latihan penguatan otot.

    Terapi Wicara
    Suatu terapi yang di pelukan untuk anak DS atau anak bermasalah dengan keterlambatan bicara, dengan deteksi dini di perlukan untuk mengetahui seawal mungkin menemukan gangguan kemampuan berkomunikasi, sebagai dasar untuk memberikan pelayanan terapi wicara.

    Terapi Okupasi
    Terapi ini di berikan untuk dasar anak dalam hal kemandirian, kognitif/pemahaman, dan kemampuan sensorik dan motoriknya. Kemandirian diberikan kerena pada dasarnya anak "bermasalah" tergantung pada orang lain atau bahkan terlalu acuh sehingga beraktifitas tanpa komunikasi dan memperdulikan orang lain. Terapi ini membantu anak mengembangkan kekuatan dan koordinasi, dengan atau tanpa menggunakan alat.

    Terapi Remedial
    Terapi ini diberikan bagi anak yang mengalami gangguan akademis skill, jadi bahan bahan dari sekolah bias dijadikan acuan program.

    Terapi kognitif
    Terapi ini diberikan bagi anak yang mengalami gangguan kognitif dan perceptual, misal anak yang tidak bisa berkonsentrasi, anak yang mengalami gangguan pemahaman, dll.

    Terapi sensori integrasi
    Terapi ini diberikan bagi anak yang mengalami gangguan pengintegrasian sensori, misalnya sensori visual, sensori taktil, sensori pendengaran, sensori keseimbangan, pengintegrasian antara otak kanan dan otak kiri, dll.
    Anak di ajarkan berprilaku umum dengan pemberian system reward dan punishment. Bila anak melakukan apa yang di perintahkan dengan benar, maka diberikan pujian. Jika sebaliknya anak dapat hukuman jika anak melakukan hal yang tidak benar. Dengan perintah sederhana dan yang mudah di mengerti anak.

    Terapi snoezelen
    Snoezelen adalah suatu aktifitas terapi yang dilakukan untuk mempengaruhi CNS melalui pemberian stimulasi pada system sensori primer seperti visual, auditori, taktil. Taste, dan smell serta system sensori internal seperti vestibular dan proprioceptif dengan tujuan untuk mencapai relaksasi dan atau aktifiti. Snoezelen merupakan metode terapi multisensories.

    Terapi ini di berikan pada anak yang mengalami gangguan perkembangan motorik, misalnya anak yang mengalami keterlambatan berjalan.

    Semua terapi ini dilaksanakan sesuai dengan rekomendasi dari tim dokter yang telah memeriksa anak yang mengalami gangguan.

    oleh Ellya Goestianie

    Print Friendly and PDF

Our Sponsors

Downsyndome di seluruh dunia

Hari Down Syndrome di seluruh dunia diperingati setiap tanggal 21 Maret. Tanggal 21 untuk menunjukkan kelainan pada kromosom ke-21 dan bulan Maret menunjukkan abnormalitas 3 (tiga) kromosom. Untuk pertama kalinya, PBB melakukan observasi ke seluruh dunia sebagai bahan pertimbangan menetapkan World Down Syndrome Day setiap tanggal 21 Maret.

Get Social

Contact Us

Yayasan POTADS

 

RCDS (Rumah Ceria Down Syndrome)

by POTADS

Griya Patria Jl. Pejaten Barat No. 16E Pejaten

Pasar Minggu - Jakarta Selatan

 

Telp : 

Potads - 081296237423

Dini - 081287822270

Oom - 081953701734

Olivia Maya - 08119621075

Pramuri - 08161370922

Pusat Informasi Downsyndrome

Belum ada Pusat Informasi Downsyndrome di kota Anda? Segera hubungi kami untuk mendirikan pusat informasi downsyndrome di kota Anda, termasuk didalamnya parent support group, acara kopi darat yang teratur serta seminar/pendidikan yang kami bisa bantu dari Jakarta. Berapapun jumlah orang tua yang berkumpul, sudah cukup bagi kita saling berbagi informasi dan saling membantu perkembangan buah hati kita.